Halaman

Minggu, 04 Juni 2017

Cara Melatih Tendangan Bola Dengan Baik

Anda ingin dapat menendang bola dengan benar tanpa mempermalukan diri sendiri? Atau lebih baik lagi, apakah Anda ingin dapat menendang bola sama seperti para pemain sepak bola terbaik, seperti Messi, Pele, atau Roberto Carlos? Banyak cara untuk menendang bola, dan setiap teknik memiliki aturan tersendiri. Mulailah dengan teknik dasar, lalu lanjutkan ke teknik mahir.


Langkah 1
Mengoper Bola
Kuncilah pergelangan kaki. Mengunci pergelangan kaki memastikan bahwa kaki mantap dan tidak berubah posisi sama sekali ketika bersinggungan dengan bola. Kaki harus mengendalikan pergerakan bola. Untuk operan menggunakan kaki bagian dalam, jari kaki seharusnya mengarah ke atas untuk mengunci pergelangan kaki. Sebaliknya, untuk tendangan, jari kaki seharusnya mengarah ke bawah untuk mengunci pergelangan kaki.

Satu-satunya cara agar bola bergerak stabil adalah dengan mengunci pergelangan kaki. Jika posisi kaki goyah, pergerakan bola juga tidak akan stabil.
Oper bola menggunakan sisi dalam dari sepatu. Jangan pernah mengoper bola menggunakan ujung jari kaki. Para pemain bola mengoper bola menggunakan sisi dalam dari kaki karena memanfaatkan daerah permukaan yang lebih lebar dan menghasilkan tendangan yang paling akurat.

Kelemahan tendangan ini adalah Anda tidak dapat menendang dengan keras. Tetapi, sudah pasti ini adalah cara mengoper bola yang paling akurat.
Posisikan kaki tumpu. Putar kaki tumpu (kaki yang tidak sedang digunakan untuk menendang) sehingga bagian dalam sepatu menghadap bola. Ingat, kaki tumpu akan mengarah ke mana bola ditendang. Jika Anda ingin menendang bola lurus ke depan, posisikan kaki tumpu menghadap lurus ke depan.

Lakukan tendangan operan di tanah. Ikuti ayunan kaki dekat dengan tanah. Untuk operan jarak pendek dan operan di tanah, Anda hanya perlu mengikuti ayunan kaki beberapa puluh sentimeter saja. Jangan mengayunkan kaki terlalu tinggi dari permukaan tanah.
Amati perputaran bola. Sebuah operan menggunakan sisi dalam dari kaki seharusnya membuat bola berputar cukup stabil. Jika bola berputar ke arah dalam, Anda harus mengunci pergelangan kaki, atau Anda mungkin telah menendang dengan arah kaki yang tidak pas.

Lakukan tendangan operan di udara. Condongkan tubuh ke belakang dan ikuti ayunan kaki di udara. Kali ini, ulurkan kaki secara penuh, dan ikuti ayunan kaki sehingga kaki berada beberapa puluh sentimeter di atas permukaan tanah.

Sekali lagi, amati perputaran bola. Sama seperti tendangan operan di tanah, sebuah tendangan operan di udara seharusnya berputar dengan stabil. Jika bola berputar ke arah dalam, pastikan mengunci pergelangan kaki dan perhatikan kaki yang melakukan operan.

Langkah 2
Menendang Bola
Mundurlah beberapa langkah. Pernahkah Anda melihat para pemain sepak bola yang akan melakukan tendangan sudut atau tendangan penalti? Mereka berdiri hanya beberapa langkah di belakang bola. Anda tidak perlu mengambil ancang-ancang hingga lima meter agar dapat menendang bola dengan baik. Pada kenyataannya, mengambil ancang-ancang sejauh itu kemungkinan justru membuat Anda gagal menendang bola dengan baik.

Kunci pergelangan kaki. Hal ini bertujuan agar kaki Anda stabil sehingga tidak goyah ketika menyentuh bola. Kaki harus mengendalikan pergerakan bola, dan bukan bola yang menggerakkan kaki. Jika Anda berusaha agar bola tidak berputar, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan mengunci pergelangan kaki. Jika posisi kaki goyah, pergerakan bola juga tidak akan stabil.

Tendang bola menggunakan bagian atas kaki, pada daerah tali sepatu. Jangan pernah menggunakan bagian jari kaki untuk menendang bola. Menendang bola menggunakan jari kaki akan menyebabkan Anda tidak dapat mengendalikan bola ke tempat yang diinginkan. Dan akurasi adalah hal terpenting yang Anda butuhkan ketika menendang bola.

Atur penempatan kaki tumpu. Kaki tumpu adalah kaki yang tidak Anda gunakan untuk menendang, yaitu kaki yang Anda posisikan di samping bola. Kaki tumpu seharusnya menghadap ke arah tujuan bola sesuai yang Anda inginkan. Anda seharusnya juga menekuk kaki dan menendang bola dengan jari kaki mengarah ke bawah. Anda dapat mencoba menggunakan punggung kaki di bagian atas tali sepatu yang cocok untuk menendang bola.

Jangan mencoba menendang bola terlalu keras, dan ingatlah untuk tetap memperhatikan bola sepanjang waktu.
Ikuti ayunan tendangan. Pastikan jari kaki mengarah ke tanah. Kekuatan tendangan mungkin akan membuat kedua kaki Anda melayang di atas tanah ketika menendang. Tarik kaki ke belakang untuk menghasilkan tenaga. Anda akan mendapatkan kecepatan dan kekuatan tendangan.

Jika Anda ingin menendang bola ke tempat yang jauh, melompatlah di akhir tendangan ketika menendang bola. Hal ini akan membuat tendangan Anda lebih bertenaga.

Pahami bagaimana kecondongan tubuh berpengaruh pada tendangan. Ingatlah bahwa semakin jauh badan Anda condong ke belakang saat menendang, semakin tinggi arah bola. Jika badan Anda lurus (vertikal) ketika menendang, tendangan Anda akan mendatar menyusuri tanah atau agak ke atas.

Jika dilakukan dengan benar, seharusnya bola tidak akan berputar setelah ditendang, seperti tendangan ''knuckleball''. Jika bola berputar ke arah dalam, Anda mungkin telah menendang dengan arah kaki yang tidak pas atau tidak mengunci pergelangan kaki.

Mendaratlah menggunakan kaki yang menendang. Seharusnya Anda melompat dan melewati bola ketika menendangnya. Tetaplah tundukkan kepala. Lutut seharusnya berada di atas bola sambil mempertahankan pinggul mengarah ke lokasi tujuan bola sesuai yang Anda inginkan.
Cara ini digunakan untuk mendapatkan lebih banyak tenaga ketika menendang bola.

Langkah 3
Mencoba Teknik-Teknik Mahir
Cobalah tendangan ''hook''. Untuk melengkungkan bola, tendang dengan menggunakan kaki sisi dalam, tetapi putar kaki mengarah agak ke depan ketika menendang bola. Kaki Anda seharusnya membuat sudut 45 derajat ketika mengayun.

Cobalah tendangan ''slice''. Untuk melakukan tendangan ini, tendanglah menggunakan bagian luar kaki, dengan ayunan kaki menjauh dari bola ketika menendangnya. Kali ini, kaki Anda seharusnya membuat sudut 45 derajat menghadap arah lain (dibandingkan dengan tendangan melengkung) ketika mengayun.

Cobalah tendangan ''chip''. Untuk melambungkan bola, tendang bagian bawah bola dan jangan ikuti dengan ayunan kaki (jika ada). Anda akan menendang bola sedikit di atas ujung sepatu, tanpa menggunakan jari kaki.

Langkah 4
Melatih Gerakan
Tendang bola sambil duduk. Tendang bola yang dilepaskan tangan secara ringan menggunakan bagian atas dari salah satu kaki. Kunci pergelangan kaki. Ketika kaki menyentuh bola, seharusnya bola bersinggungan dengan bagian tali sepatu dari kaki. Seharusnya bola hanya akan naik setinggi beberapa puluh sentimeter, dengan sedikit atau tanpa putaran.

Cobalah berlatih dengan kaki dominan lebih dahulu, lalu diselingi dengan kaki yang tidak dominan. Para pemain sepak bola yang ahli dapat melakukan hal ini sama baiknya menggunakan kaki yang tidak dominan maupun menggunakan kaki dominan.

Berlatihlah menendang sambil berdiri. Setelah berlatih menendang sambil duduk, sekarang saatnya berlatih sambil berdiri. Sama seperti sebelumnya, usahakan menendang bola hanya beberapa puluh sentimeter ke atas, dengan sedikit putaran saja.

Berdirilah dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Jatuhkan bola ke atas kaki dan tendanglah ke atas secara ringan. Latihlah koordinasi gerakan Anda.
Sama seperti latihan sebelumnya, usahakan agar bola tidak berputar ketika menendangnya ke atas.

Tips
*Jika Anda ingin mengangkat bola sehingga melambung ke udara, cobalah menempatkan sebagian besar kaki di bawah bola dan condongkan badan agak ke belakang ketika menendang.
*Jangan mencoba tendangan-tendangan jarak jauh pada percobaan pertama. Tetaplah dekat dengan gawang dan tambah jarak latihan beberapa meter jika sudah siap.
*Pastikan bola dipompa sesuai tekanan yang dianjurkan. Bola yang terlalu kempis atau terlalu padat tekanannya sulit untuk ditendang.
*Selain latihan yang teratur, cobalah mengangkat bola dari tanah. Dengan segera, Anda akan mampu melakukan tendangan silang dan melakukan tendangan dengan baik.
*Pastikan permukaan kaki yang digunakan untuk menendang adalah tempat di mana bagian tali sepatu berada jika Anda memakai sepatu. Menendang dengan jari kaki tidak akan memberikan akurasi atau penggunaan tenaga yang benar ketika menendang bola.
*Jangan pernah menendang dengan jari kaki. Kaki akan patah, bola menjadi kempis, dan tendangan Anda gagal.
*Ketika mengayunkan kaki, pastikan pinggul ikut berayun, bukan lutut. Pada intinya, pinggul Anda seharusnya menjadi poros.

Peringatan
*Memakai sepatu sepak bola akan memberi traksi yang baik. Hal ini dapat mencegah Anda terpeleset setelah menendang bola.
*Jangan menendang dengan jari kaki. Hal ini akan menyebabkan tendangan atau operan yang tidak terkendali dan dapat mencederai kaki Anda.

Hal yang Anda Butuhkan
*Bola sepak
*Sepatu sepak bola, lebih baik dengan alas ''cleats''
*Tempat yang luas, seperti lapangan atau taman


Sumber :
wikihow.com
http://www.soccer-training-guide.com/soccer-kick.html
http://www.youtube.com/watch?v=T9yz7WYglGM

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification
Downloaded from Free Templates